Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Philip Kotler, 2002).
Tujuan Pemasaran (Buchari Alma, 1998).
- untuk mencari keseimbangan pasar antara buyers market dan sellers market.
- mrndistribusikan barang dan jasa dari daerah surplus ke daerah minus, dari produsen ke konsumen.
- tujuan yang utama adalah memberi kepuasan kepada konsumen.
Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa kegiatan dalam pemasaran yang produktif hanya bidang produksi saja sebab kegiatan dalam bidang ini mengubah bentuk suatu barang menjadi barang lain sehingga dapat berguna bagi masyarakat.
Sebenarnya pemasaran itu produktif karena pemasaran menimbulkan kegunaan (utility), yaitu dapat menciptakan barang-barang itu lebih berguna bagi masyarakat. Adapun kegunaan (utility) itu dikategorikan menjadi empat kegunaan (utility), yaitu :
- Place utility, yaitu suatu barang akan lebih berguna apabila terjadi perpindahan tempat dari tempat produsen ke tempat konsumen.
- Time utility, yaitu suatu barang akan lebih berguna bila disediakan pada waktu tertentu.
- Form utility, yaitu suatu barang akan lebih berguna apabila terjadi perubahan bentuk.
- Posession utility, yaitu suatu barang akan lebih berguna apabila terjadi perubahan hak milik.
Marketing mix terkenal dengan istilahnya yaitu 4P :
- product (produk)
- price (harga)
- place (tempat)
- promotion (promosi)
- process (proses)
- physic (fisik), dan
- people (orang)
Produk adalah sesuatu yang dihasilkan bisnis dan memiliki sifat yang komplek yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan. Definisi produk menyangkut mutu spesifik, rancangan, ukuran, warna, kemasan, petunjuk pemakai, pelayanan purna jual, garansi, dan sebagainya.
Produk adalah sesuatu yang memiliki nilai :
- nilai guna karena dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
- nilai tukar karena dapat dipertukarkan dengan produk lainnya.
- manfaat psikologis (membangun citra pribadi, harapan, status, dan harga diri)
- manfaat pemakaian
- manfaat mengurangi masalah
Produk dibagi menjadi dua bagian, yaitu barang dan jasa. Barang adalah produk berbentuk fisik (berwujud) sedangkan jasa adalah produk berbentuk non fisik (tak berwujud). Produk yang ditawarkan di pasaran bisa dalam bentuk barang murni, jasa murni, atau kombinasi antara barang dan jasa yang dapat memberikan manfaat yang lengkap kepada konsumen.
Produk konsumen adalah produk yang dipakai untuk kegunaan pribadi, keluarga atau rumah tangga, misalnya : makanan, minuman, perlengkapan kamar mandi dan lain-lain. Adapun produk industri adalah produk yang dipakai industri untuk produksi atau membuat barang produk industri lain dan pada akhirnya produk konsumen, misalnya : besi bekas, komponen mesin, polyester chip dan lain-lain.
Harga
Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam kegiatan pemasaran adalah penetapan harga penjualan. Hal ini disebabkan karena harga dapat mempengaruhi permintaan suatu produk.
Harga adalah nilai suatu barang atau jasa yang diukur dalam sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut seorang bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimilikinya kepada pihak lain.
harga merupakan kombinasi dari produk dan pelayanan yang diberikan oleh penjual serta keuntungan yang diharapkan di dalamnya, sehingga dalam menetapkan harga jual perlu diperhatikan kepentingan konsumen, yaitu daya beli konsumen dengan margin yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar